August 7, 2019 Grace Zevanya

5 Tips Mengatasi Permasalahan Pembukuan Usaha

5 Tips Mengatasi Permasalahan Pembukuan Usaha
5 Tips Mengatasi Permasalahan Pembukuan Usaha
Source: i0.wp.com

Jika Anda sudah membaca blog saya sebelumnya, Anda pasti mengetahui peran penting dari laporan keuangan bagi usaha Anda. Apakah laporan keuangan bisa langsung jadi begitu saja? Tentunya tidak, untuk menghasilkan sebuah laporan keuangan, Anda harus melewati proses pembukuan yang salah satunya adalah mencatat transaksi-transaksi yang terjadi pada usaha Anda selama periode berjalan. Namun, sesuatu memang terkadang tidak selalu berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, pasti selalu muncul permasalahan, salah satunya adalah permasalahan dalam pembukuan.

Permasalahan ini penting, mengapa? Karena jika sudah salah dalam melakukan pembukuan, maka kualitas laporan keuangan yang Anda hasilkan nantinya tidak dapat diandalkan oleh para pengguna laporan keuangan. Saat Anda menghadapi permasalahan dalam pembukuan, Anda tidak boleh panik, stres apalagi putus asa. Saya akan bantu dengan 5 tips mengatasi permasalahan pembukuan usaha yang akan atau sedang Anda hadapi.

Tips Pertama: Cari Tahu Titik Permasalahan

Saat perusahaan Anda mengalami permasalahan, apapun itu permasalahannya, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu dimana titik permasalahan tersebut. Apa yang akan terjadi jika Anda sendiri tidak mengetahui apa titik permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan Anda? Yang ada permasalahan Anda bukan selesai tapi menjadi semakin besar karena Anda tidak mengenali permasalahan tersebut. Begitu juga dengan permasalahan yang terjadi pada pembukuan Anda. Cari tahu titik permasalahan yang terjadi pada pembukuan Anda, karena jika Anda sudah mengetahui titik permasalahannya, hal tersebut akan memudahkan Anda menyusun perencanaan untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalah dengan tepat dan akurat.

Ada banyak penyebab terjadinya permasalahan pada pembukuan Anda, diantaranya karena kesalahan dalam menginput transaksi, lupa melakukan rekonsiliasi, penghitungan pajak, bunga, depresiasi dan lainnya. Agar lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan pembukuan, setelah Anda menganalisis dan menemukan permasalahannya, sebaiknya Anda jadikan satu didalam sebuah daftar permasalahan pembukuan, agar Anda dapat lebih teratur dalam menyelesaikan permasalahan pembukuan Anda.

Tips Kedua: Ketahui Siapa saja yang Terlibat

Setelah mengetahui dimana titik permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan Anda, dari sana Anda dapat memulai untuk mencari tahu siapa saja yang terlibat didalamnya. Untuk apa mencari tahu siapa saja yang terlibat? Pastinya supaya Anda dapat meminta penjelasan kepada pihak terkait tentang permasalahan pembukuan yang sedang terjadi pada perusahaan Anda. Dari penjelasan yang diberikan oleh pihak terkait Anda dapat melakukan komparasi serta verifikasi antara penjelasan yang diberikan oleh pihak terkait dengan permasalahan yang terjadi, dari sana Anda akan lebih mudah untuk mengambil keputusan apa yang tepat dan bijak untuk diambil.

Tips Ketiga: Lakukan Rekonsiliasi Bank

Seperti yang sudah disebutkan di tips pertama, terkadang permasalahan terjadi karena perusahaan lupa melakukan rekonsiliasi bank. Anda tahu kan apa itu rekonsiliasi bank? Rekonsiliasi bank adalah suatu prosedur yang dilakukan untuk membandingkan jumlah saldo kas di Bank dengan catatan kas perusahaan, biasanya dilakukan secara rutin dan pihak bank memberikan laporan kas yang berisi arus kas masuk-keluar milik perusahaan yang disimpan di bank. Mengapa penting melakukan rekonsiliasi bank? Karena dengan rekonsiliasi, Anda dapat mengetahui posisi dan status kas Anda di bank, serta dapat mengetahui dengan lebih mudah apakah letak kesalahan pembukuan Anda terletak pada ketidaksesuaian pencatatan kas antara bank dan perusahaan atau tidak.

Tips Keempat: Bicarakan dengan Akuntan Publik Bersertifikat / Ahli Pembukuan

Selanjutnya, setelah Anda menemukan titik permasalahan pada pembukuan Anda, sebaiknya Anda mengkomunikasikannya kepada orang yang Anda percayakan ahli dibidang pembukuan, seperti konsultan pembukuan perusahaan Anda yang telah Anda sewa jasanya atau Akuntan Publik Bersertifikat. Anda dapat meminta pendapat serta bertukar pikiran untuk mendapatkan solusi terbaik bagi permasalahan yang sedang perusahaan Anda hadapi. Mengapa harus ke orang yang ahli pembukuan? Karena biasanya mereka sudah sering berhadapan dengan beragam permasalahan di lingkar pembukuan, sehingga mereka akan berbicara melalui pengalamannya dan menghasilkan keputusan yang profesional dan akan dijadikan bahan pertimbangan oleh perusahaan Anda.

Tips Kelima: Manfaatkan Teknologi Software Akuntansi

Berada di revolusi industri 4.0, teknologi semakin maju, dengan adanya Internet of Things semua sudah mengandalkan cloud computing. Tidak sedikit perusahaan yang telah menggunakan software akuntansi berbasis cloud untuk pembukuan perusahaannya. Mengapa? Dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud, pencatatan akan lebih mudah, dan kecil kemungkinan terjadinya kesalahan, kecuali jika kesalahan tersebut dibuat oleh pengguna software akuntansi. Dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud, Anda akan mendapatkan pembukuan dengan akurasi yang tinggi karena data yang disajikan ialah real time. Walaupun masih terdapat kemungkinan adanya kesalahan, namun Anda dapat meminimalisir permasalahan pembukuan tersebut dengan pencatatan menggunakan software akuntansi tersebut.

Demikian lima tips bagi anda untuk mengatasi permasalahan pembukuan usaha anda. Semoga blog ini dapat berguna untuk membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Oleh Grace Zevanya

Artikel kami lainnya yang layak Anda baca seperti:

Ada Apa Dengan Jurnal Pembalik (Reversing Entries) ?

Memulai Bisnis Online Sukses Dari Nol

Pentingnya Manajemen Proyek

Comments (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published.