August 5, 2019 Grace Zevanya

5 Hal Utama untuk Mendukung Keberhasilan Bisnis

5 Hal Utama untuk Mendukung Keberhasilan Bisnis
5 Hal Utama untuk Mendukung Keberhasilan Bisnis.
Source: 1.bp.blogspot

Semakin kesini dunia bisnis semakin populer. Banyak orang yang mengandalkan dunia bisnis untuk menjemput rezekinya. Baik dimulai dengan bisnis yang bermodal kecil maupun bisnis dengan modal besar.

Mungkin hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan lapangan pekerjaan yang terjadi. Namun, karena hal tersebut orang-orang menjadi tertantang dalam menjemput rezekinya, tetapi hal ini juga membuat orang-orang menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam memperjuangkan kondisi keuangannya yaitu dengan membangun usaha sendiri.

Untuk bertahan di dunia bisnis, semangat juang saja tidak cukup, Anda harus mempunyai pengetahuan tentang dunia bisnis yang dimasuki. Apa saja hal yang paling mempengaruhi keberhasilan bisnis sekarang ini?

Hal Pertama: Pengetahuan akan Bisnis Sendiri

Hal utama yang harus Anda miliki adalah mengenal ranah bisnis yang akan Anda masuki. Jangan memulai sesuatu yang tidak Anda ketahui. Selama ini mungkin kebanyakan orang menganggap bahwa uang adalah modal utama dalam berbisnis, namun nyatanya uang bukanlah satu-satunya modal utama dalam berbisnis, melainkan pengetahuan akan bisnis Anda sendiri. Mengapa?

Karena jika Anda sendiri tidak mengetahui secara matang seperti apa bisnis yang akan Anda jalani, maka nantinya Anda akan kesulitan dalam mengendalikan persoalan-persoalan yang datang. Oleh karena itu, Anda harus mengenal bisnis Anda dengan baik terlebih dahulu, dapat dimulai dari pengetahuan akan produk yang akan Anda jual, mengenal pesaing bisnis Anda, nilai lebih apa yang akan Anda tawarkan agar unggul dari pesaing lainnya (diferensiasi), mengetahui peluang bisnis Anda, tujuan bisnis, dan banyak hal lainnya.

Hal Kedua: Perencanaan Bisnis

Setelah mengetahui secara tepat seperti apa ranah bisnis yang akan Anda jalani serta risiko-risiko apa saja yang akan dihadapi, buatlah perencanaan bisnis Anda. Perencanaan bisnis merupakan hal utama untuk mendukung keberhasilan bisnis anda. Tanpa perencanaan bisnis yang jelas, maka akan sulit dalam menentukan arah mana yang harus ditempuh oleh bisnis Anda.

Namun membuat perencanaan bisnis tidak semudah yang Anda bayangkan, dalam membuat perencanaan bisnis, Anda harus merincikan informasi bisnis Anda, visi, misi serta target yang ingin dicapai oleh bisnis Anda, baik target jangka pendek maupun panjang, strategi untuk mencapai target tersebut, menjabarkan alur produksi Anda, melakukan analisis terhadap tren pasar yang sedang meningkat, kemungkinan risiko yang akan terjadi, pengendalian yang dilakukan jika risiko tersebut terjadi, analisis laporan keuangan serta ekspansi bisnis.

Hal Ketiga: Pemasaran yang Berorientasi pada Pelanggan

Pemasaran yang berorientasi pada pelanggan merupakan pemasaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis mengenai produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Pada pemasaran ini, pelanggan merupakan titik awal dari strategi pemasaran.  Anda harus melakukan analisis terhadap produk apa yang sedang dan akan dibutuhkan oleh pelanggan. Jika sudah mengetahuinya, maka Anda dapat menciptakan produk tersebut lalu menetapkan harga yang terjangkau namun tetap memberikan keuntungan bagi usaha.

Strategi pemasaran adalah program kerja jangka panjang yang juga akan menentukan keberhasilan usaha, maka dari itu usahakan strategi pemasaran yang Anda rancang tidak membosankan, menarik dan sesuai dengan konsep pemasaran yang diterapkan oleh Anda yang didasarkan atas hasil analisis sebelumnya, sehingga target pasar Anda dapat tercapai.

Hal Keempat: Manajemen Laba

Banyak pelaku bisnis yang bermain di manajemen laba untuk mendapatkan keuntungan yang lebih lagi. Apa itu manajemen laba? Manajemen laba adalah suatu cara yang dilakukan oleh manajer suatu organisasi bisnis atau perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu terkait proses pelaporan keuangan untuk pihak eksternal, yang dimaksud dengan tujuan tertentu adalah mendapatkan laba. Manajemen laba juga bisa disebut kegiatan memodifikasi laporan keuangan agar mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil laporan keuangan tersebut.

Seperti contohnya, manajemen laba terhadap kepentingan pemerintah, maka biasanya perusahaan atau organisasi bisnis akan meminimalisasi laba perusahaannya, agar pengenaan pajak terhadap perusahaan tidak tinggi. Mengapa manajemen laba penting untuk keberhasilan bisnis? Karena dengan manajemen laba, Anda juga dapat menarik minat para calon investor untuk berinvestasi di perusahaan atau organisasi bisnis Anda. Jika Anda sudah memiliki banyak investor, maka relasi yang Anda miliki juga akan semakin luas, sehingga kesempatan perusahaan untuk ekspansi juga akan semakin terbuka lebar,

Hal Kelima: Inovasi serta Kreativitas yang Tinggi

Banyak pelaku bisnis yang usahanya stagnan ditengah jalan dan berakhir bangkrut karena tidak adanya kreasi dan inovasi terhadap produk yang ditawarkannya. Maka dari itu, Anda harus aktif mencari tahu perkembangan tren produk yang dijual kompetitor, selera konsumen, serta menganalisis perilaku konsumen. Konsumen memiliki sifat dinamis, hal tersebut merupakan tantangan yang wajib dihadapi oleh pelaku bisnis, karena perilaku konsumen terpengaruh oleh pengetahuan, kepribadian, motivasi, dan perkembangan lingkungannya. Namun, tidak semua konsumen akan cocok dengan inovasi yang dibuat oleh Anda. Maka dari itu sebaiknya pelaku bisnis melakukan inovasi secara berkala.

Mengapa inovasi dan kreativitas penting untuk mendukung keberhasilan usaha? Bayangkan saja jika Anda memiliki usaha, dan produk Anda itu itu saja, tidak berkembang. Untuk tahap awal mungkin Anda akan ada banyak minat dari konsumen, mendapatkan laba tinggi, karena produk Anda adalah produk baru dan masih sesuai dengan tren masa itu. Namun, untuk hari-hari kemudian, seiring dengan munculnya pesaing baru dengan produk yang lebih keren maka produk Anda akan mati dan terkubur oleh produk pesaing baru, karena Anda tidak melakukan inovasi baru pada produk Anda untuk menarik konsumen,

5 Hal Utama untuk Mendukung Keberhasilan Bisnis, Sebuah Kesimpulan

Berdasarkan dari lima poin diatas, maka dapat disimpulkan bahwa membangun usaha tidak boleh hanya mengandalkan keberanian dan modal financial saja, tapi Anda juga harus memiliki pengetahuan terhadap lingkungan baru yang akan anda masuki. Selain memiliki pengetahuan, Anda juga harus menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif, serta konsisten dan komitmen menekuni usaha yang anda jalankan, jangan hanya semangat di awal saja. Dan hal yang tidak kalah pentingnya adalah koneksi. Untuk mendukung keberhasilan bisnis Anda, pastinya Anda tidak bisa berkembang sendiri, Anda akan membutuhkan banyak bantuan dari orang lain, maka dari itu cara berkomunikasi yang baik juga dibutuhkan disini.

Oleh Grace Zevanya

Artikel kami lainnya yang layak Anda baca seperti:

Mengenal Metode Pencatatan Akuntansi pada Perusahaan Dagang

Otomatisasi Perkantoran Sekarang Ini

Solusi Manufaktur ERP Indonesia

Comments (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published.